Selasa, 02 November 2010

TAKERS - Membobol Bank Juga Punya Seni

Sinopsis:
Menjadi perampok bank bukanlah pekerjaan yang hanya memerlukan kekuatan otot saja. Ada perencanaan matang yang harus dilakukan untuk memastikan 'pekerjaan' ini berjalan mulus dan menghindari kemungkinan tertangkap polisi. Kalau sudah urusan merampok bank, kawanan perampok yang dipimpin Gordon Cozier (Idris Elba) adalah pakarnya.

Selama ini kelompok perampok yang beranggotakan John (Paul Walker), Jake Attica (Michael Ealy), A.J. (Hayden Christensen), Jessie Attica (Chris Brown), dan Ghost (T.I) ini selalu berhasil merampok bank tanpa meninggalkan bukti-bukti apa pun yang bisa mengaitkan satu pun dari mereka pada kasus perampokan yang mereka lakukan. Mereka bekerja dengan perhitungan yang matang dan tak pernah membiarkan keserakahan menghancurkan rencana mulus mereka. Suatu ketika, sebuah 'pekerjaan' menggiurkan menggoda mereka untuk kembali turun ke jalan.

'Pekerjaan' ini bakal menghasilkan uang jauh lebih besar dari yang pernah mereka dapatkan selama mereka menjadi perampok bank. Bila 'pekerjaan' ini sukses, mereka akan pulang mengantongi tak kurang dari US$30 juta. Sayangnya ada satu hal yang punya potensi mengacaukan rencana mereka. Detektif Jack Welles (Matt Dillon) sudah lama mencurigai mereka namun tak punya cukup bukti untuk memenjarakan kawanan perampok ini. Jack mulai menganggap urusan kawanan Gordon ini sebagai urusan pribadi dan akan melakukan apa pun untuk meringkus mereka semua. Di saat yang sama, ternyata ada pengkhianat di dalam kelompok ini dan bermaksud memanfaatkan 'misi' terakhir ini untuk kepentingan pribadi.

Resensi:
Apa yang istimewa dari TAKERS? Bukankah film-film bertema perampokan bank bukanlah sesuatu yang fresh? Beberapa waktu yang lalu kita sempat melihat THE BANK JOB atau sebelumnya juga ada OCEAN'S THIRTEEN yang kurang lebih juga menawarkan konsep yang sama. Jawabnya barangkali tidak ada! TAKERS memang tergolong standar untuk ukuran film heist. Namun terlepas dari itu, TAKERS masih tetap enak dinikmati meski mungkin bukan untuk dikenang.

Mau tak mau TAKERS sebenarnya masih masuk keluarga B-movie alias film kelas dua yang rata-rata tak terlalu dilirik oleh kritikus film. Secara umum, John Luessenhop, sang sutradara, juga tak berusaha untuk 'mengingkari' kalau ini adalah B-movie meski di sana-sini sang helmer sepertinya mencoba untuk setingkat lebih tinggi dengan memasukkan side plot dan berusaha membuat karakter dalam film ini jadi lebih hidup.

Sebenarnya justru inilah yang sedikit mengurangi kenikmatan menonton TAKERS ini. Walaupun secara garis besar tempo film termasuk cepat namun tempo jadi sedikit melambat saat plot beralih dari para bad guys ini ke good guys alias para polisi. Side plot ini juga terasa mengganggu karena kenikmatan menyaksikan film heist seperti ini justru pada proses perencanaan sampai eksekusi dari perampokan itu sendiri.

Dari sisi akting, Matt Dillon, Idris Elba, Hayden Christensen, dan Paul Walker mungkin tak terlalu mengalami masalah. Seperti bisa diduga, justru Chris Brown dan T.I yang sedikit kedodoran di sektor ini.

Genre    :    Action
Release Date    :    August 20, 2010
Director    :    John Luessenhop
Script    :    Peter Allen, Gabriel Casseus, John Luessenhop, Avery Duff
Producer    :    William Packer, T.I., Tom Lassally, Jason Geter, Gary Gilbert
Distributor    :    Screen Gems
Duration    :    107 minutes
Budget    :    US$32 million
Official Site    :    www.sonypictures.com
Pemain: Matt Dillon, Paul Walker, Idris Elba, Jay Hernandez, Michael Ealy, T.I., Chris Brown, and Hayden Christensen, Marianne Jean-Baptiste, Zoe Saldana, Johnathon Schaech

Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar