Selasa, 12 Oktober 2010

Singularity – Perjalanan waktu yang mengungkap misteri

01-Headline
Apa yang akan anda lakukan jika anda bisa memanipulasi waktu terhadap benda atau mahkluk hidup dalam genggaman anda?
Singularity merupakan game FPS bertemakan Sci-fi, sedikit lebih mirip dengan game Bioshock atau Half Life, namun singularity tidak hanya sekedar tembak menembak. Ada hal unik lainnya, karena sepanjang permainan anda akan membawa sebuah alat yang mampu memanipulasi waktu, yang di sebut TMD (Time Manipulation Device). Walau bertemakan sci-fi suasana di game ini cukup mencekam dan horror, tidak sedikit membuat bulu kuduk merinding, dan membuat anda kaget terperanjat.
Suasana yang cukup mencekam
Suasana yang cukup mencekam
Lagi-lagi Rusia kembali hadir untuk menjadi musuh yang tampaknya sudah menjadi ciri khas baik game maupun film sebagai peran jahat. Cerita Singularity dimulai ketika pasukan elit amerika dikirim untuk menyelidiki ledakan eletromagnetik yang menghancurkan satelit mata-mata Amerika, Mereka dikirim ke sebuah pulau tak berpenghuni di Rusia yang bernama Katorga-12. Namun pada saat helikopter hampir tiba di pulau tersebut, ledakan kedua terjadi lagi yang mengakibatkan jatuhnya helikpoter, hanya dua yang selamat, Capt. Renko dan Capt. Devlin. Tetapi ketika itu jg seiring dengan elektromagnetik pulse terjadi anomali waktu dimana Capt Renko memasuki tahun 1950 di pulau yang sama. Pada tahun 1950 Katorga-12 adalah sebuah Research Facility, dimana Rusia menemukan sebuah Elemen baru yang dinamakan E99 yg disinyalir mampu mengalahkan bom atom Amerika. Tetapi pengembangan E99 berjalan tidak baik, sehingga menyebabkan ledakan dan kebakaran. Di dalam kebakaran itu anda sempat menyelamatkan seorang ilmuwan, yang terakhir di ketahui dia adalah Dr. Demichev, yang seharusnya mati di kebakaran tersebut. kejadian heroik itu justru, mengubah susunan waktu yang akan datang, sehingga ketika Anda kembali ke 2010, keadaan Katorga-12 sudah berubah total, dipenuhi dengan mutant-mutant hasil experience dan pasukan rusia yang dipimpin oleh Dr. Demichev, namun kehausan akan kekuasaan dan kekuatan menjadikannya musuh dalam game ini. Namun bagaimana caranya Capt Renko seorang diri menghancurkan sebuah kekuatan Dr. Demichev yang besar tersebut? Jawabannya adalah Perjalanan Waktu!
Gunakan TMD untuk mengembalikan tangga yang rusak ini seperti 
semula
Gunakan TMD untuk mengembalikan tangga yang rusak ini seperti semula
Sekilas konsep cerita singularity mirip dengan film lawas Back to future, sehingga cerita game ini cukup seru untuk di ikuti. Seperti yang sudah disebutkan diawal, seiring dengan cerita, anda akan diberikan sebuah alat khusus, yang menjadi fitur utama dalam game ini, yaitu TMD. TMD ini tidak seperti pada Game Prince of Persia dengan Dagger of time nya, yang hanya memundurkan waktu beberapa saat saja. Banyak hal yang dapat di gunakan dengan alat ini. Namun demikian alat kecil yang di gunakan di tangan ini tidak bisa memundurkan waktu, cukup realistis memang karena tidak seperti prince of persia dengan latar dunia mitos dan magis, dibutuhkan sebuah energy, dan alat yang lebih besar untuk melakukan perjalanan waktu.
TMD ini akan memungkinkan anda untuk melakukan manipulasi waktu terhadap barang ataupun mahkluk hidup, sebagai contoh anda mampu membuat sebuah peti yg sudah hancur lebur, mengembalikannya seperti semula sebelum hancur, dan mengambil isinya, atau anda juga bisa melihat sebuah tulisan di papan tulis yang sudah terhapus. Namun sebaliknya, sebuah benda yang mulanya baru, dapat dirusak dengan menggunakan TMD tersebut. Jika diarahkan ke mahkluk hidup, anda bisa melakukan aging (penuaan) sehingga ia akan tua dan mati menjadi debu.  Tidak hanya itu saja, TMD mampu membuat beberapa teknik lain seperti Gravity, yang memungkinkan anda mengangkat barang yg besar dan berat dan melemparkannya. Kemudian Deadlock untuk membuat gelembung yang mampu menghentikan waktu beberapa saat didalamnya. Dengan teknik  Impulse anda bisa membuat shockwave yang akan mementalkan musuh disekitar. Dan terakhir Reversion, anda bisa membuat mahkluk hidup menjadi bentuk yang lain. Dengan sedikit kombinasi teknik-teknik tersebut, anda bisa melakukan berbagai macam aksi yang bervariasi, seperti melemparkan tong peledak ke arah musuh, menghentikan musuh dengan deadlock kemudian di buat menjadi tua dll. Untuk menggunakan TMD dibutuhkan E99 Cell layaknya amunisi, jadi anda harus bijaksana dalam menggunakannya, namun demikian E99 akan banyak anda temukan, tetapi jangan khawatir jika habis E99 bisa merecharge sendiri. TMD ini pun mampu di upgrade kekuatannya dengan menggunakan E99Tech.
Kotak yang hancur ini bisa anda buat seperti baru lagi
Kotak yang hancur ini bisa anda buat seperti baru lagi
Selain dilengkapi TMD, ada berbagai macam senjata akan anda temukan disini, dari pistol, shotgun, machine gun, sniper, hingga senjata yg pelurunya bisa anda kendalikan seperti layaknya guided missile dan masih banyak lagi senjata-senjata yang unik akan anda temukan sepanjang permainan. Seperti TMD,  masing-masing senjata tersebut dapat anda upgrade kemampuannya, dengan menggunakan Weapon-tech yg anda temukan, sayangnya tidak seperti E99-tech yg mudah di temukan
Pilihlah senjata yang tepat dan upgrade kekuatannya
Pilihlah senjata yang tepat dan upgrade kekuatannya
Anda hanya mampu membawa 2 senjata jadi pemilihan senjata yang tepat, akan membuat efisien untuk mengalahkan musuh-musuh. Banyak sekali variasi musuh disini, selain pasukan rusia sendiri, anda akan temukan mutant-mutant dan monster yang dari paling kecil hingga besar sekali, dan semuanya sangat mematikan, jadi setiap section anda harus pintar mengganti-ganti senjata
Seperti layaknya Bullet Cam, namun peluru ini bisa anda kendalikan
 dengan mengunakan senjata Seeker
Seperti layaknya Bullet Cam, namun peluru ini bisa anda kendalikan dengan mengunakan senjata Seeker
Tidak hanya aksi tembak menembak dan berjalan dalam lorong seram yang penuh dengan darah dan mayat, game ini pun tidak sedikit mengharuskan anda memutar otak untuk menyelesaikan puzzle. Anda akan banyak menggunakan TMD untuk membantu memecahkan teka-teki tersebut dan kadang menggunakannya untuk memperbaiki ataupun merusak suatu benda agar Anda bisa mengakses sesuatu dan bisa meneruskan perjalanan.
Dengan Deadlock, musuh didalam gelembung tersebut akan berhenti 
sesaat memudahkan anda untuk membunuhnya
Dengan Deadlock, musuh didalam gelembung tersebut akan berhenti sesaat memudahkan anda untuk membunuhnya
Akhir cerita Singularity memiliki 3 ending,  namun untuk mengetahui ketiganya anda tidak perlu mengulang dari awal, cukup load checkpoint di akhir saja. Secara keseluruhan game ini memiliki gagasan yang menarik dan cukup jarang digunakan dalam game. Seperti dikatakan sebelumnya TMD hanyalah sebuah alat kecil, yang hanya melakukan manipulasi waktu yg kecil, seiring permainan anda akan menemukan energy TMD yang lebih besar yg bisa membuat portal perjalanan waktu antara 1950 dan 2010 sehingga anda bisa memperbaiki keadaan. Itulah inti dari Singularity ini.
Monster aneh berukuran besar akan anda temui sepanjang permainan
Monster aneh berukuran besar akan anda temui sepanjang permainan
+ : Menghadirkan fitur TMD yang menarik dan banyaknya senjata yang bervariasi
– : Tidak semua benda dapat di manipulasi dengan TMD
Score : 8
Game dengan gagasan fitur yang unik, dengan suasana yang horor, membuat game sci-fi ini sedikit lebih berbeda

Spesifikasi Minimum :
OS: Windows XP/VISTA/7
Processor: Intel® Pentium® D (dual core) 2.8GHz or AMD Athlon™ X2 4800+Memory: 1 GB RAM (XP), 2 GB RAM (VISTA/7)
Hard Drive: 8 GB of free hard drive space
Video Card (graphics): 256 MB VRAM – NVIDIA GeForce 8800 GT / ATI Radeon X1800, DirectX 9.0c

Info:
Publisher: Activision
Developer: Raven Software
Jenis: First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa
Website resmi: www.singularity-game.com

Sumber : chip.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar