Kamis, 07 Oktober 2010

SCHOOL FOR SCOUNDRELS - Sekolah Kepribadian Ala Dr P

Mungkin karena hanya bekerja sebagai tukang parkir, Roger (Jon Heder) tak pernah merasa percaya diri. Ia bahkan tak berani menyatakan rasa cintanya pada Amanda (Jacinda Barrett) karena tak punya cukup rasa percaya diri. Bermaksud mengubah nasibnya, Roger pun kemudian mengikuti kursus peningkatan percaya diri yang diajar oleh Dr. P (Billy Bob Thornton).

Dr. P yang sebenarnya memiliki nama Dennis Sherman punya metode khusus untuk meningkatkan rasa percaya diri orang. Metode ini tak cuma unik saja namun kadang juga berbahaya namun Dr. P berani memberikan jaminan hasil yang memuaskan. Di kelas peningkatan percaya diri ini, Roger pun mulai berkenalan dengan beberapa orang yang punya masalah sama dengan Roger.

Ada Walsh (Matt Walsh) yang setengah mati ingin bisa lepas dari orang tuanya, Diego (Horatio Sanz) yang selalu dijadikan bulan-bulanan oleh istrinya, dan Eli (Todd Louiso) yang punya masalah sama persis dengan Roger. Setelah menjalankan metode ekstrim Dr. P, rasa percaya diri Roger mulai tumbuh dan ia memberanikan diri untuk mendekati Amanda.

Sayang, Dr. P ternyata punya rencana lain. Dr. P ternyata juga bermaksud mendekati Amanda. Kini Roger harus memeras otak untuk mencari cara mengalahkan Dr. P dan Roger tahu kalau ia tak mungkin bisa melakukan itu tanpa bantuan teman-temannya sesama murid Dr. P.

Resensi:
SCHOOL FOR SCOUNDRELS ini sebenarnya bukanlah film original. Film ini dibuat berdasarkan film berjudul sama yang beredar di tahun 1960-an. Film pertama itu sendiri sebenarnya juga dibuat berdasarkan buku karya Stephen Potter. Berdasarkan cerita panjang adaptasi ini sebenarnya SCHOOL OF SCOUNDRELS punya peluang besar untuk jadi film yang sukses. Sayangnya, sang sutradara sepertinya ragu-ragu untuk melangkah terlalu jauh.

Film ini adalah film komedi atau lebih tepatnya masuk kategori film Black Comedy atau Dark Comedy. Celakanya di sinilah titik kegagalan Todd Phillips sebagai sutradara. Ia tak berani berjalan melenceng dari alur yang sudah ditetapkan Hollywood: happy ending. Akibatnya, film ini jadi terasa kurang menggigit. Bisa jadi Todd punya pertimbangan 'ekonomi' sat memutuskan mengikuti pakem Hollywood ini. Yang pasti, hasilnya tak terlalu memuaskan.

Bahkan aktor sekelas Billy Bob Thornton pun tak mampu menyelamatkan film ini dari kegagalan. Naskah dan sutradara tak cukup memberi ruang Billy untuk mengembangkan karakter yang ia perankan. Para pendukungnya pun tak bisa dibilang bermain cemerlang kecuali mungkin Ben Stiller yang kebagian sedikit screen time. Tak terlalu mengherankan kalau dari dana sebesar US$35 juta yang dikeluarkan, film ini hanya mampu menghasilkan US$24 juta saja.

Genre               :    Comedy
Release Date    :    September 29, 2006
Director            :    Todd Phillips
Script               :    Todd Phillips, Scot Armstrong
Producer          :    Craig Mazin, Bob Weinstein, Harvey Weinstein, Scott Budnick
Distributor        :    Metro-Goldwyn-Mayer, Dimension Films
Duration           :    108 minutes
Budget              :    US$35 million
Official Site       :    www.schoolforscoundrels-movie.com
Pemain             :     Billy Bob Thornton, Jon Heder, Michael Clarke Duncan, Jacinda Barrett, Sarah Silverman, David Cross, Horatio Sanz, Ben Stiller

Tidak ada komentar:

Posting Komentar