Senin, 25 Oktober 2010

IN THE NAME OF GOD - Atas Nama Tuhan

Sinopsis:
Mansoor (Shaan) dan Sarmad (Fawad Afzal Khan) adalah dua orang musisi muda berbakat yang sudah punya banyak penggemar di Lahore. Karena perbedaan pendapat, kedua orang yang sebenarnya bersaudara ini jadi terpisah. Mansoor memilih tetap menjadi musisi sementara Sarmad memilih menjalani hidup sebagai muslim garis keras.

Mansoor pindah ke Chicago karena ia ingin mendalami musik di sebuah sekolah di sana. Di Chicago pula Mansoor bertemu Janie (Austin Marie Sayre) yang kemudian menjadi kekasihnya. Di saat yang sama, di negeri Inggris, seorang wanita bernama Mariam (Iman Ali) jatuh cinta pada seorang pria kulit putih bernama Dave (Alex Edwards). Hubungan ini tak disetujui ayah Mariam yang ingin putrinya menikah dengan sesama muslim.

Ayah Mariam kemudian membawanya ke Pakistan dan menikahkan Mariam dengan Sarmad meskipun Mariam tak pernah setuju. Di saat yang hampir bersamaan, Mansoor yang telah menikahi Janie terpaksa harus berpisah dari istrinya karena ia diduga anggota kelompok teroris yang terlibat peristiwa 9 September. Mansoor harus mengalami siksaan berat saat diperiksa FBI namun akhirnya dipulangkan meski saat itu Mansoor mengalami kerusakan otak yang cukup parah.

Review:
Apa yang istimewa dari film yang sejatinya berjudul KHUDA KAY LIYE ini? Bisa jadi film ini adalah film pertama berbau India yang tidak menggunakan formula pakem film Bollywood. Setelah munculnya film ini, barulah muncul MY NAME IS KHAN yang juga melepaskan diri dari formula lokal dan mulai mencoba mengikuti pola film drama Barat yang lebih bersifat universal.

Ada aroma CRASH yang tercium kuat pada film ini. Meski tak bisa dibilang sepenuhnya menyatukan tiga alur cerita berbeda dalam satu film namun usaha Shoaib Mansoor, sang sutradara ini tetap layak mendapat acungan jempol. Shoaib yang juga menggarap naskah film ini tetap tak lepas dari pola berpikir Timur yang cenderung memasukkan unsur kebetulan dalam sebuah alur kisah. Seperti hubungan keluarga antara ayah Mariam dan ayah Sarmad, misalnya.

Character development di antara ketiga tokoh utamanya pun terasa kurang berimbang. Dari ketiga orang ini, hanya karakter Mariam yang terasa lebih komplet ketimbang dua karakter lain. Proses psikologis Sarmad saat tiba-tiba menjalani hidup sebagai muslim garis keras pun kurang tergambarkan dengan baik sementara tokoh Mansoor juga tak mendapatkan ending yang cukup memuaskan.

Sebagai awal, IN THE NAME OF GOD ini layak mendapat aplus dan usaha ini juga tak sia-sia karena Karan Johar melanjutkan misi Shoaib Mansoor ini dengan MY NAME IS KHAN yang kebetulan juga mengangkat tema yang sama dan hasilnya juga lebih memuaskan.

Genre    :    Drama
Release Date    :    July 20, 2007
Director    :    Shoaib Mansoor
Script    :    Shoaib Mansoor
Producer    :    Shoman Productions
Distributor    :    Geo Films
Duration    :    167 minutes
Budget    :    US$10 million
Official Site    :    www.inthenameofgod.com
Pemain: Shaan, Naseeruddin Shah, Fawad Afzal Khan, Iman Ali, Hameed Sheikh
 
Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar