Selasa, 07 September 2010

Pencipta Playstation

Siapa tak kenal Playstation (PS)? Konsol permainan grafis produksi raksasa elektronik asal Jepang, Sony, itu digemari di seantero dunia. Dibalik semua itu, tak banyak yang tahu bahwa seorang bernama Ken Kutaragi menjadi orang yang paling bertanggung jawab membentuk 'generasi Playstation'.
Terlahir di Tokyo pada 8 Agustus 1950, keadaan sosial Kutaragi tergolong biasa saja. Mereka hidup dengan mengelola bisnis sendiri, sebuah pabrik percetakan di pabrik kota itu. Sejak kecil Kutaragi sudah mengembangkan kemampuan mekaniknya di pabrik tersebut, sepulang sekolah.
Kutaragi dikenal sebagai siswa berotak encer. Dengan kecerdasan seperti itu, mudah saja bagi Kutaragi mendapatkan pekerjaan di Sony, usai menyandang gelar insinyur elektronika. Di perusahaan itu reputasi Kutaragi meroket. Ia dikenal sebagai problem solver yang luar biasa. Proyek-proyek yang ditanganinya pun selalu berhasil gemilang, termasuk proyek penciptaan liquid crystal plays (LCDs) serta kamera digital.
Ketertarikannya menciptakan konsol permainan berawal pada akhir 1980-an. Suatu hari, dia menyaksikan puterinya memainkan sebuah Famicom. Nalurinya mencium potensi bisnis video games. Sayang, saat itu eksekutif Sony kurang tertarik. Semangat Kutaragi yang membuncah untuk menciptakan video games pun bertepuk sebelah tangan. Namun, kreatifitas Kutaragi itu tercium Nintendo - perusahaan konsol permainan yang kini menjadi pesaing nomor satu Sony. Saat Nintendo memintanya untuk mencipta sebuah chip, Kutaragi tak kuasa menolak.
Diam-diam, Kutaragi mengerjakan proyek rahasia untuk Nintendo. Didesainnya chip SPC700. Sayang, pihak Sony mencium hasil kerja itu. Kutaragi nyaris dipecat, seandainya CEO Sony. Norio Ohga, tidak turun tangan. Dia bahkan meminta Kutaragi menyelesaikan tugas sampingannya itu.
Kutaragi terus meminta Sony membiayai riset pembuatan Super NES CD - teknologi yang diaplikasi untuk PS. Saat ambisi itu diragukan kalangan eksukutif Sony, sekali lagi Norio Ohga mendukungnya. Pada tahun 1990-an, akhirnya Sony secara resmi meluncurkan produk PS.
Tak perlu waktu lama, PLayStation segera terkenal dan mendatangkan banyak duit untuk Sony. Hingga 18 Mei 2004 saja, Sony telah memproduksi 100 juta PS. Sukses itu pula yang menjadikan KUtaragi presiden Sony Computer Entertainment pada 1997.

Biografi Singkat Ken Kutaragi
Ken Kutaragi lahir pada 8 Agustus 1950 di Tokyo Jepang. Waktu kecil dia dikenal rajin dan pintar, dia digambarkan sebagai murid yang selalu mendapatkan nilai 100. Kutaragi juga dikenal sebagai anak yang suka mengutak-atik barang mekanik, dia sering membuka mainan miliknya dan melihat bagaimana mainan itu bekerja. Dari sifat ingin tahunya tersebut, akhirnya membawa ketertarikan pada elektronika hingga dewasa, dengan alasan itu pula dia belajar dan lulus dari Denki Tsushin University mengambil jurusan elektronika. Setelah lulus dia mulai bekerja di Sony, disana dia mendapatkan reputasi yang baik sebagai pemecah masalah dan berhasil membawa kesuksesan pada proyek-proyek Sony yang ia ikuti (termasuk diantaranya proyek awal LCD dan kamera digital).

Pada akhir tahun 80-an, sesaat dia melihat putrinya bermain FAMICOM milik Nintendo, Ken Kutaragi menyadari potensi dari video game. Namun, pada saat itu manajemen dari Sony tidak tertarik dengan industri Video Game. Dan kebetulan dengan kesempatan Nintendo yang menginginkan bantuan Sony untuk membuat wave-table sound chip untuk SNES, Kutaragi langsung menerimanya. Walaupun telah bekerja sama dengan Nintendo, Sony yang memandang rendah video game. Meskipun begitu, Kutaragi masih dapat dana untuk mengembangkan Super NES CD yang akhirnya menjadi konsol besutan Sony sendiri yaitu PlayStation. Tak disangka meskipun bersaing dengan Nintendo dan SEGA yang sudah kawakan di Industri Video Game, Sony sukses dengan konsol milik mereka.

Berikut Ini nih hasil karyanya:
PSX adalah perekam video digital yang berfungsi penuh dengan RF, S-video dan input komposit. Hal ini dapat tune VHF analog dan CATV. Hal ini dilengkapi dengan remote control dan dapat juga dihubungkan dengan PlayStation Portable untuk mentransfer video dan musik melalui port USB ini juga memiliki fitur software untuk video, foto dan editing audio..

PSX mendukung PlayStation dan PlayStation 2 PlayStation game menggunakan hardware berbasis 2, dengan Emotion Engine, Graphics Synthesizer dan I / O prosesor. Mendukung kompatibilitas game online menggunakan adaptor broadband internal. Permainan yang memanfaatkan HDD PS2 (misalnya Final Fantasy XI) juga didukung.

PSX tidak termasuk kontroler. Sebuah khusus keramik-putih, USB DualShock 2 dirilis secara terpisah.Namun,. DualShocks asli sepenuhnya didukung oleh dua port joystick di bagian belakang dan kartu memori juga didukung melalui port di bagian depan.

PSX juga dikenal untuk pengenalan atas antarmuka grafis XMB Sony pengguna, digunakan di kemudian hari PlayStation Portable, PlayStation 3, 2008 model BRAVIA TV dan yang paling baru Sony perangkat to-date.
PocketStation adalah perangkat oleh Sony Computer Entertainment untuk video game konsol PlayStation rumah . Kategori. Oleh Sony sebagai asisten pribadi digital miniatur, perangkat ini memiliki layar kristal cair monokrom (LCD), kemampuan komunikasi inframerah, real-time jam, built-in flash memory, dan kemampuan suara. Menyambung ke PlayStation melalui slot kartu memori, PocketStation juga berfungsi sebagai kartu memori PlayStation. Film ini dirilis secara eksklusif di Jepang pada tanggal 23 Januari 1999.

Perangkat Lunak untuk PocketStation ini biasanya didistribusikan sebagai tambahan untuk game PlayStation, termasuk dalam CD-ROM, meningkatkan permainan dengan fitur yang ditambahkan. Stand-alone software juga bisa download melalui konsol PlayStation. Perangkat lunak ini kemudian ditransfer ke PocketStation untuk digunakan. Built-in antarmuka data inframerah memungkinkan transfer data langsung seperti permainan menghemat antara unit PocketStation, serta multiplayer game.

Sumber: kaskus.us

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar