Selasa, 07 September 2010

GEJALA PENYAKIT, Merupakan SIGNAL POSITIF TUBUH

Tubuh selalu memberi kita signal adar seluruh aktivitas kita sesuai dengan tubuh yang inginkan..........
1. Rasa LaparRasa lapar merupakan signal positif tubuh yang memberitahukan informasi kepada kita bahwa mesin pengolah makanan kita sudah kosong dan siap diisi lagi. Karena itu sebaiknya kita tidak makan dengan acuan jam, tetapi dengan acuan rasa lapar. Sangat banyak kebiasaan orang makan sebelum lapar, makan dengan patokan jam , dan sangat banyak pula orang menunda-nunda waktu makan ketika sidnalnya sudah muncul, yang berefek pada meningkatnya asam lambung dan mengganggu keseimbangan sistem pencernaan kita. Akhirnya , muncul penyakit, seperti gastritis atau gastric ulcer (radang atau luka tukak lambung)

2. Rasa Haus
Rasa haus merupakan signal positif tubuh. Tubuh meminta kita agar menambah cadangan air dalam tubuh kita. Mayoritas kita tidak tahu kapan sebaiknya kita minum dan berapa banyak tubuh membutuhkan air dalam 1 hari.

3. Rasa Ngantuk
Rasa ngantuk merupakan signal positif tubuh. Tubuh mohon agar kita segera menidurkannya atau mengistirahatkannya. Betapa banyak orang memaksakan tubuhnya untuk tetap terjaga dengan tonik dan obat-obatan untuk mengacu tetap segar, ketika signal positif rasa kantuk muncul, padahal itu memperbudak tubuhya sendri dengan memaksa proses alami tubuh.

4. Rasa Lelah
Rasa lelah merupakan signal positif tubuh., setelah kita bekerja berlebihan, menguras fisik dan pikiran. Setelah itu berharap agar kita mengistirahatkannya, guna energi bisa segera pulih seperti sedia kala. Mengonsumsi yang banyak di pasaran, hanya akan memaksa tubuh tetap segar sesaat. Namun berefek terhadap tergantungnya sistem keseimbangan tubuh dan penyakit.

5. Rasa Mual
Rasa mual merupakan signal positif tubuh yang tidak boleh di rendam dengan berbagai obat anti mual. Rasa mual mengindikasikan mesin pengolahan makanan kita sedang rusak atau bermasalah, bahkan mungkin banyak penumpukan toksin atau racun di organ pencernaan.Tugas kita adalah segera memperbaiki dan mengistirahatkannya dengan hanya memberi makan yang mudah di cerna dan memiliki efek cleansing (pembersihan), seperti pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Atau jenis makanan harus sesuaikan dengan faktor penyebab gejala mualnya.

6. Rasa SakitRasa sakit bukannlah penyakit, melainkan efek yang ditimbulkan leh penyakit. oleh karena itu, seharusnya kita tidak boleh begitu saja merendam rasa sakit dengan berbagai obat-obatan analgetik, kecuali terpaksa karena rasa sakit yang sangat hebat dan tidak bisa ditahan. Kebiasaan merendam rasa sakit dengan berbagai obat-obatan hanya akan memperbudak tubuh kita dan justru akan semakin mempersulit kita untuk mencari sumber kerusakan tubuh penyebab rasa sakit . Cara-cara ini hanya akan memperburuk tubuh kita daripada memperbaikinya. WAlaupun untuk sementara waktu obat dapat mengurangi atau mengencangkan rasa sakit, tetapi itu hanyalah perbaikan semu yang dipaksakan.

7. Demam

Ingat! Demem tidak selalu diindikasikan penyakit, tetapi itu sering kali reaksi positif tubuh. Demem bisa jadi indikator adanya infeksi dalam tubuh, atau reaksi positif tubuh karena terjadi penumpukan toksin/ racun dalam sitem tubuh kita sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas dengan peningkatan suhu suhu tubuh guna membakar/ menetralisir kelebihan toksin yang harus dibuang, yang tidak bisa diprosesdengan suhu normal tubuh. Tugas kita adalah memberikan ekstra cairan pada tubuh kita (banyak minum) agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga.
8. DIARE
Diare merupakan signal positif yang tidak boleh di stop dengan obat-obtan. Ini harapkali menjadi indikasi bahwa sudah terjadi pe-numpukan toksik dalam sistem pencernaan kita. Umumnya diare munul kalau kita salah makan, makan makanan sembarangan yang tidak higienis, atau kelebihan makan (kekenyangan) dengan berbagai jenis makanan yang tidak sinergis satu sama lain.Tugas kita adalah menyetop semua makanan yang masuk agar akumulasi bakteri penyebab diare bisa dihentikan, dan menggantinya dengan cairan yang bayak (seperti banayk minum air madu hangat atau air kelapa muda).

9. KONSTIPASI (SULIT BUANG AIR BESAR)
Perlu kita sadari bahwa sulit buang air besar merupakan bagian penyakit dan penyebab berbagai penyakit akibat infeksi. Buang air besal yang normal 2kali sehari (tanpa kesulitan). Konstipasi merupakan cara tubuh memberi tahu kita bahwa keseimbangan bakteri positif dalam usus kita sedang terganggu. Bukan hanya itu, tubuh juga memberitahu kita bahwa itu merupakan dampak dari pola makan yang salah dan tidak seimbang.

Sumber: Kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar