Senin, 30 Agustus 2010

TRADE - Menguak Bisnis Perdagangan Manusia

Jorge (Cesar Ramos) memang tak punya apa-apa namun cintanya pada Adriana (Paulina Gaitan) adiknya membuatnya rela melakukan apa saja bahkan kalaupun itu harus mengorbankan nyawanya. Saat Adriana diculik komplotan perdagangan manusia, Jorge bertekad memburu orang-orang ini untuk menyelamatkan Adriana sebelum mereka sempat menjualnya.

Diduga, Adriana yang baru berusia 13 tahun akan dibawa dari Mexico ke Amerika Serikat untuk dilelang di sana. Berbekal sedikit informasi, Jorge yang baru berusia 17 tahun pun berusaha menelusuri jejak-jejak yang ditinggalkan para penculik Adriana. Dalam perjalanan ini, Jorge bertemu Ray Sheridan (Kevin Kline), seorang polisi asal Texas yang juga mengalami nasib serupa dengan Jorge.

Kesamaan nasib ini juga yang membuat keduanya lantas bekerja sama untuk mencari penculik Adriana. Di saat yang sama, Adriana beruntung bertemu Veronica (Alicja Bachleda), wanita asal Polandia, yang juga terjebak tipu daya komplotan penculik Adriana. Meski tak bisa berbuat banyak namun Veronica selalu berusaha melindungi Adriana dengan harapan ada orang yang berhasil menemukan mereka dan membebaskan mereka dari komplotan perdagangan manusia ini.

Pesan moral yang disampaikan sangat jelas: dunia belum terbebas dari perdagangan manusia. Dan barangkali dengan membuatnya menjadi sebuah film seperti ini, pesan ini jadi lebih efektif tersampaikan, berbeda dengan saat kita melihat data statistik yang menunjukkan betapa angka perdagangan manusia di dunia ini masih sangat tinggi. Hanya itu mungkin nilai lebih dari film arahan sutradara Marco Kreuzpaintner ini. Selebihnya tak ada yang benar-benar memukau dari film berjudul singkat ini.

Masalah pertama yang dialami film ini adalah para tokoh yang ada di dalamnya. Hanya ada tiga karakter yang muncul dalam film ini: pahlawan, penjahat, dan korban. Semua nama yang muncul bisa dimasukkan ke dalam tiga kategori tadi padahal dalam kenyataannya tak ada karakter yang murni hitam atau murni putih. Ada grey area yang membuat hidup ini jadi terlihat lebih hidup dan seharusnya itu juga yang muncul dalam sebuah film agar para penonton bisa merasakan keterkaitan dengan para karakter yang ada di dalamnya.

Film ini juga tak mau basa-basi dan langsung ke pokok permasalahan yang ingin disampaikan: perdagangan manusia sehingga terkesan seperti sebuah film dokumenter. Malahan bisa dibilang film ini akan jadi lebih baik kalau dibuat sebuah dokumenter mengingat ide cerita film ini sendiri konon diambil dari sebuah kisah nyata yang ditulis oleh Peter Landesman dalam sebuah artikel berjudul The Girls Next Door.

Terlepas dari itu, usaha Marco Kreuzpaintner mengangkat sebuah kisah yang kadang terlupakan seperti ini tetap layak mendapat sebuah acungan jempol.

Genre              :    Thriller
Release Date   :    September 28, 2007
Director           :    Marco Kreuzpaintner
Script               :    Peter Landesman, Jose Rivera
Producer          :    Roland Emmerich, Rosilyn Heller
Distributor        :    Roadside Attractions
Duration           :    119 minutes
Budget             :    -
Official Site      :    www.tradethemovie.com
Pemain            :     Kevin Kline, Cesar Ramos, Paulina Gait├ín, Alicja Bachleda-Curus

Sumber : http://www.kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar