Minggu, 15 Agustus 2010

'FEMALE AGENTS', Lima Wanita Dalam Tugas Berbahaya

Louise Desfontaines (Sophie Marceau) adalah anggota French Resistance. Meski dari luar Louise tak beda dengan kebanyakan wanita namun ada satu hal yang membuatnya spesial. Di balik kecantikannya, Louise adalah mesin pembunuh. Dan saat ia ditugaskan untuk menyelamatkan seorang agen Inggris yang ditangkap Jerman, wanita yang baru saja kehilangan suami ini tak mundur sedikit pun.

Agen yang tertangkap ini memang belum membocorkan rahasia apapun namun tetap saja Louise harus berangkat karena kelangsungan misi pemerintah Inggris akan bergantung pada tugas Louise ini. Untuk menjalankan tugas berat ini, Louise merekrut Suzy Desprez (Marie Gillain), Gaëlle Lemenech (Déborah François), Jeanne Faussier (Julie Depardieu), dan Maria Luzzato (Maya Sansa).

Awalnya misi ini berjalan lancar tanpa ada halangan namun segera setelah misi ini tuntas, Louise mendapat tugas baru yang jauh lebih berbahaya. Louise dan timnya harus berangkat ke Paris untuk menghabisi Kolonel Karl Heindrich (Moritz Bleibtreu) yang ternyata telah mengetahui rencana Inggris untuk mendarat di Normandy. Misi ini sama saja dengan misi bunuh diri.

Membawa lima wanita cantik ke medan perang memang bukan termasuk ide yang umum. Malahan jarang ada film bertema perang semacam ini yang menempatkan karakter wanita sebagai titik pusat. Meski film ini sendiri terinspirasi sebuah kisah nyata namun film hasil besutan sutradara Jean-Paul Salomé ini murni fiksi dan nyatanya, Jean-Paul berhasil menggabungkan fakta sejarah dan fiksi dalam sebuah ramuan visual yang menarik.

Memang tidak ada misteri. Alur kisah dengan mudah dapat dibaca sejak awal namun bukan itu tujuan Jean-Paul. Sepertinya, alih-alih membuat plot yang berbelit-belit, Jean-Paul lebih suka menempatkan penonton dalam kondisi tegang agar mereka tak beranjak dari kursi sampai film berakhir.

Naskah film ini memang tak bisa dibilang sangat bagus namun itu tertolong oleh akting para pemerannya yang mengesankan. Sophie Marceau, barangkali tak perlu lagi dibahas. Aktris cantik ini sudah bermain dalam puluhan judul film dan ini juga bukan kerja sama pertama Sophie dan Jean-Paul. Sebelumnya mereka sempat berkolaborasi lewat BELPHEGOR. Yang paling menarik mungkin malah Moritz Bleibtreu yang berperan sebagai Karl Heindrich. Aktor ini mampu melepaskan diri dari tipikal karakter NAZI dalam film.

Genre               :    Drama
Release Date    :    June 27, 2008
Director           :    Jean-Paul Salomé
Script               :    Laurent Vachaud, Jean-Paul Salomé
Producer          :     Éric Névé
Distributor        :    Revolver Entertainment
Duration           :    116 minutes
Budget             :    -
Official Site      :    www.femaleagents.co.uk
Pemain            : Sophie Marceau, Julie Depardieu, Marie Gillain, Déborah François, Moritz Bleibtreu, Maya Sansa, Sarah Tullamore

Sumber : www.kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar