Kamis, 19 Agustus 2010

Anno 1404 – Indah dan Susah

Anno 1404 menantang Anda untuk membangun sebuah pemukiman di abad pertengahan dengan beragam tantangan yang berat. Simulasi membangun bisa dikatakan merupakan jenis game yang kurang begitu banyak dibuat selama lima tahun belakangan. Bentuk permainan yang rumit dan tingkat kesukaran yang tinggi ketika mempelajari cara bermainnya membuat game jenis ini kurang populer di kalangan gamer. Namun, jenis game ini mampu memberikan tingkat kepuasan yang tinggi untuk para gamer yang menggemarinya. Begitu juga dengan Anno 1404 yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi dan waktu bermain yang sangatlama, tetapi memiliki tampilan yang indah.

Tujuan utama dari Anno 1404 adalah membangun permukiman pada zaman abad pertengahan dan menghidupinya dengan menyediakan berbagai kebutuhan hidup rakyatnya. Mulanya, Anda hanya perlu memenuhi kebutuhan rakyat jelata yang tidak begitu banyak jenisnya. Mereka hanya memerlukan makanan, minuman, tempat bertemu untuk bersosialisasi, dan tempat beribadah. Kemudian, mereka akan beranjak ke tingkatan yang lebih tinggi dan variasi kebutuhan mereka akan meningkat hingga dua kalinya. Tugas utama Anda adalah menyediakan semua kebutuhan tersebut.

Jenis bangunan yang dapat Anda gunakan mulanya hanya sedikit. Anda hanya dapat membangun sesuai dengan kebutuhan rakyat yang ada. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tersebut, jenis ba­ngunan yang dapat Anda gunakan akan bertambah dan tantangan Anda akan meningkat. Selain harus meletakkan bangunan tersebut di posisi yang strategis, Anda juga harus memerhatikan beberapa jenis bangunan yang membutuhkan bahan baku dari bangunan lain. Misalnya, bangunan pembuat Tool membutuhkan besi tempa. Sementara itu, besi tempa dihasilkan dari bangunan yang membutuhkan bahan baku berupa bijih besi dan arang. Kedua bahan baku tersebut dihasilkan dari bangunan lain lagi. Anda harus mengerti terlebih dahulu proses-proses tersebut sebelum dapat memainkan game ini dengan baik.

Selain pemahaman mengenai proses berantai dari pembuatan bahan kebutuhan, Anda juga harus merencanakan de­ngan baik letak bangunan tersebut. Luas pulau yang Anda tempati sangat terbatas dan setiap pulau memiliki tingkat kesubur­an yang berbeda. Contohnya, Anda hanya dapat menanam gandum pada satu pulau dan kopi pada pulau lainnya. Anda tidak dapat menanam kopi pada pulau yang tidak memiliki kesuburan untuk menanam kopi. Begitu juga dengan jenis tanaman lain. Selain itu, tidak semua pulau memiliki bahan tambang yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, Anda harus menjelajah dan mengklaim pulau yang memiliki bahan baku.

Penduduk Anda terdiri atas dua jenis. Kedua jenis penduduk tersebut ditentukan letak pulau yang menjadi tempat tinggalnya. Pulau yang berada di daerah utara memiliki iklim yang basah dengan daerah yang berhutan. Sedangkan pulau di bagian selatan memiliki iklim yang kering de­ngan daerah yang didominasi gurun pasir. Penduduk daerah utara dan selatan memiliki kebutuhan dan jenis bangunan yang berbeda. Bahkan, pulau di daerah utara memiliki metode menanam yang berbeda. Perkebunan dan peternakan di daerah gurun membutuhkan sistem irigasi yang bernama Noria. Air yang didistribusikan dari Noria akan mengubah pasir menjadi daerah subur de­ngan tampilan yang menakjubkan. Anda dapat melihat pasir menjadi rumput dan kaktus tumbuh dari daerah tersebut.

Tampilan yang indah memang merupakan salah satu daya tarik terbesar dari game ini. Semua aktivitas pada permukiman yang Anda bangun dapat terlihat jelas. Selain itu, Anda juga akan menemukan feature menarik lain, yaitu quest yang jumlahnya cukup banyak. Anda dapat sewaktu-waktu diberi tugas yang beraneka ragam jenisnya dan hadiahnya adalah Honor. Honor dapat Anda gunakan untuk membeli barang unik yang membantu permukiman. Sungguh menarik!

Spesifikasi Minimum: 
Windows XP SP2 / Vista SP1 Processor: Pentium IV3.0 GHz Memory: 1 GB Hard drive: 6 GB
Video card: 128 MB Video RAM dengan Shader Model 2.0 (Nvidia GeForce FX 5900 atau ATI Radeon 9500) DirectX 9.0c

Sumber : http://chip.co.id

2 komentar:

  1. Gan, cara bikin tambangbatu gimana sich, ane ga bsa2...
    Sudah bikin bangunannya tapiga mau beroperasi....
    tolong bantuanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau gampang?? tinggal aja download trainernya (cari di Google : Trainer Anno 1404) lalu lihat kode dari trainer nya seperti ctrl + F4 untuk menambahkan memenuhi semua barang (ini trainer4). Tetapi klo mau pake trainernya harus dibuka dulu sebelum memulai permainannya. Klo udah ada yang menginstall Anno 1404 : Venice gak bakal berfungsi trainernya.

      Hapus