Sabtu, 17 Juli 2010

UNI POS SEDUNIA

Sebuah piagam perjanjian ditandatangani oleh dua puluh satu wakil dan dua puluh dua negara pada konferensi pos Internasional. Penandatanganan piagam itu dilakukan pada 9 Oktober 1874 di kota Bern, Swiss. Tanggal penandatanganan piagam itu kemudian dijadikan han lahirnya Uni Pos Sedunia (UPU = Universal Postal Union).
Gagasan untuk mendirikan Uni Pos Sedunia diajukan oleh Heinrich von Stephan pada tahun 1869, Stephan mengusuIkan kepada pemerintahnya agar Jerman mengambil prakarsa untuk menyelenggarakan konferensi internasionaL seperti yang dilakukan oleh Sir Rowland Hill untuk Inggris.
Namun karena terjadinya peperangan antara Perancis dengan Prusia, maka konferensi itu baru dapat dilaksanakan pada 15 September 1874 di kota Bern.
Setelah melakukan empat belas kali sidang akhirnya path 9 Oktober 1874 para peserta konferensi mencapai kata sepakat untuk menandatangani piagam. kerjasama internasional. Tanggal 9 Oktober 1874 kemudian dijadikan hari lahirnya Uni Pos Sedunia yang setiap tahun diperingati oleh setiap negara anggota.
Tujuan berdirinya Uni Pos Sedunia adalah guna menjamin organisasi dan menyempurnakan dinas-dinas pos serta memajukan perkembangan kerjasama internasional dalam lapangan pos.
Anggota negara Uni Pos ini terdiri dan negara-negara yang mempunyai kedudukan sebagai anggota pada tanggal mulainya berlaku konstitusi Uni Pos. Praktisnya, kemudian, setiap negara anggota PBB dapat menjadi anggota Uni Pos. Negara-negara lain yang bukan anggota PBB dapat dipertimbangkan untuk menjadi anggota Uni
Hingga kini telah ditetapkan tempat kedudukan Uni Pos dan badan-badan tetapnya adalah di tempat kelahirannya, yaitu kota Bern. Sedangkan bahasa resmi yang dipakai oleh Uni Pos adalah bahasa Perancis.
Dan mata uang yang dipakai oleh Uni Pos dalam urusan pos adalah Frank emas, yaitu satu centime dengan Pos timbangan 10/31 gram dengan kadar 0,900.

Adapun kedua puluh satu negara yang menandatangani piagam kerjasama pada konferensi internasional tersebut adalah :
1. Austria
2. BelgIa
3. Denmark
4. Mesir
5. Perancis
6. Jerman
7. Inggeris
8. Yunani
9. Hungaria
10. Italia
11. Luxembourg
12. Belanda
13. Norwegia
14. Portugis
15. Rumania
16. UniSovyet
17. Serbia
18. Spanyol
19. Swedia
20. Swiss, dan
21. Amerika Serikat.

UNI POS ASIA PASIFIK,

Di samping uni pos sedunia juga beberapa negara dalam satu kawasan tertentu dibenarkan dan dibolehkan untuk membentuk uni pos wilayah.
Tujuan dan Uni Pos wilayah ml tidak jauh berbeda dengan Uni Pos Sedunia bahkan sejalan, hanya saja terbatas dalam kawasan tertentu.
Untuk wilayah Asia Pasifik telah berdiri Uni Pos Asia Pasifik (APPU Asian Pacifik Postal Union) yaitu perhimpunan dinas pos dl kawasan Asia dan Pasifik. Pada awalnya Uni Pos Asia Pacifik ini bernama AOPU yaitu singkatan dan Asian Oceania Postal Union. Baru pada bulan Maret 1981 AOPU tersebut diubah nenjadi APPU sebagai kesepakatan peserta kongres Pos Asia Pasifik di Yogyakarta.

Adapun anggota APPU sampai kongres di Yogya tahun 1981 adalah:
1. Australia
2. Bangladesh
3. Republik Rakyat Cina
4 India
5. Indonesia
6. Jepang
7. Korea
8. Malaysia
9. Laos
10. Nepal
11. New Zealand
12. Papua New Guinea
13. Pakistan
14. Pilipina
15. Singapura
16. Sri langka, dan
17. Thailand,
18. Maldivea (Maladewa)

1 komentar: