Jumat, 09 Juli 2010

Tips Pengiriman Lewat Paket Pos


Demi keselamatan isi paket serta menjaga agar jangan sampai menimbulkan bahaya bagi pegawai pos, perlengkapan pos maupun kiriman pos lainnya, maka barang-barang yang kirimkan melalui paket pos harus dibungkus dengan cara-cara yang baik dan memenuhi beberapa persyaratan yaitu:

1. Pembungkus harus kuat sehingga isi paket pos benar-benar terhindar dan kerusakan.

2 Paket pos harus dibungkus sedemikian rupa sehingga sewaktu-waktu dapat dibuka untuk pemeriksaan karena razia.

3 Barang-barang yang mudah pecah hendaknya dibungkus secermat mungkin, sehingga menjadi aman. Jangan lupa pada bungkus luar cantumkan "Mudah Pecah" atau "Fragile" disertai gambar gelas sebagaimana lazimnya.

4. Bahan yang berbau (misalnya trasi, ikan asin), agar dibungkus dua lapis. Antara pembungkus pertama dan pembungkus kedua hendaknya diisi dengan serbuk kayu hasil gergajian, dedak, alat pengisap dan sejenisnya, sehingga paket pos ini tidak mengganggu kiriman lainnya.

5. Kiriman berupa batik, tekstil dan semacamnya, terlebih dahulu bungkuslah dengan kertas minyak atau plastik, baru kemudian dibungkus lagi dengan bahan yang lebih kuat.

6.Tulislah alamat yang lengkap dan jelas pada paketpos anda Setiap paket pos yang akan anda kirimkan, harus disertai dengan kartu alamat. Silakan menulis/mengisi kartu alamat ini dengan lengkap dan jelas menurut petunjuk-petunjuk yang tercetak pada kartu tersebut, pada halaman muka maupun belakang.

7. Diingatkan, jangan ada coretan, kikisan, tulis tindih pada penulisan isi paket pos maupun nama alamat penerima, sehingga meragukan baik bagi pihak pos maupun penerima kiriman paket pos.

2 komentar: