Kamis, 01 Juli 2010

Pameran Listrik Tanpa Kabel oleh Intel

Berita gembira bagi kita. Tak lama lagi kita dapat menggunakan alat-alat elektronika dengan sumber listrik yang dipancarkan secara wireless.

Teknologi listrik ini dipamerkan dalam Intel Developer Forum di San Fransisco baru-baru ini. Intel menyebutnya WREL (wireless resonant energy link). Sebelumnya teknologi yang disebut WiTricity, kombinasi antara wireless (nirkabel) dan electricity (listrik) dieksperimenkan seorang fisikawan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Marin Soljacic, Percobaan tersebut mampu menyalakan bola lampu sejauh 7 kaki dengan menggunakan gulungan pengisi yang sangat besar dan dengan efisiensi 40 sampai 45 %. Bahkan ketika  bola lampu dipindahkan hingga 3 kaki, efisiensi meningkat sampai 90 %

Peneliti Intel Alanson Sample memamerkan sebuah bola lampu 60 watt yang menyala tanpa ditancapkan ke fitting. Sumber listrik lampu tersebut  berada sejauh satu meter.

Teknik ini disebut induksi magnet. Cara kerjanya serupa dengan  penyanyi yang berlatih vokal dengan gelas. Getaran dari vokalis mengalir melalui udara dan diserap ruang udara di dalam gelas sehingga mengakibatkan gelas ikut bergetar.

Pada sumber listrik, energi dialirkan ke dalam antena sehingga membentuk medan magnet di sekitarnya. Alat penerima yang dihubungkan ke alat-alat elektronika akan menyerap energi dari medan magnet tersebut dan menyimpannya. Tingkat efisiensi energi yang berhasil diserap mencapai 90 %.  

Intel memperkirakan teknologi ini akan mulai dikomersialkan paling tidak setelah lima tahun ke depan. Namun, teknologi ini masih baru dan belum sempurna, karena itu harus diteliti efek sampingnya terutama terhadap kesehatan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar