Rabu, 30 Juni 2010

Alkohol Ternyata Mengganggu Sperma Bayi

Alkohol selain menurunkan kecerdasan, akan mengganggu kesuburan anak laki-laki yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi alkohol pada masa hamilnya. Penelitian terhadap 350 bayi laki-laki menunjukkan kadar sperma bayi yang ibunya mengkonsumsi alkohol 1/3 lebih rendah daripada ibu yang bebas alkohol. Alkohol yang dikonsumsi ibu hamil dalam penelitian tersebut lebih dari 4 takar dalam satu minggu.

Penelitian lain juga sama hasilnya.Perbandingannya, anak laki-laki yang ibunya minum lebih dari 4 takaran alkohol dalam 1 minggu, kadar spermanya 32 % lebih rendah dibandingkan anak laki-laki dari ibu yang  bebas alkohol.

WHO mengatakan kadar sperma normal adalah 20-40 juta per mili. Kadar sperma yang rendah, bahkan pada tingkat normal, menyebabkan pembuahan sulit terjadi.

Sampai saat ini belum ada keputusan yang jelas oleh para peneliti soal jumlah alkohol yang aman dikonsumsi ibu hamil. Ada yang menyatakan jika diminum sesekali, masih aman. Tetapi Persatuan Dokter kandungan Amerika secara tegas menyatakan ibu hamil dilarang mengkonsumsi alkohol meski cuma setetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar